Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Melalui Strategi Peta Konsep Kelas V MI Ma’arif Jambu Kec Jambu Kab Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Susanti, Rini Budi (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Melalui Strategi Peta Konsep Kelas V MI Ma’arif Jambu Kec Jambu Kab Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Susanti, Rini Budi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Strategi Peta Konsep Siklus Pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Jambu Kec Jambu Kab Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 Jurusan PGMI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Strategi Peta Konsep Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Ma’arif Jambu memiliki hasil belajar yang rendah,, hal ini tidak lepas dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Hal ini pula berkaitan dengan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah Strategi Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas V MI Ma’arif Jambu Kec Jambu Kab Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan slikus II. Tiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Jambu Kec Jambu Kab Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi peta konsep siklus dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas V MI Ma’arif Jmbu tahun 2018. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: standar KKM mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan strategi Peta Konsep Siklus hanya ada 39% (7 siswa) yang tuntas, sedangkan 61% (11 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan Strategi Peta Konsep Siklus dalam pembelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 67% (12 siswa) tuntas dan 33% (6 siswa) belum tuntas. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 89% (16 siswa) tuntas dan 11% (2 siswa) belum tuntas. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 23%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 04:06
Last Modified: 04 May 2018 04:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item