Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini PAUD Mekar Sari Tahun Ajaran 2017/2018

Faizah, Nur (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini PAUD Mekar Sari Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut UU No. 20 Tahun 2003 pasal 1 butir 14, PAUD adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Mekar Sari. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskripstif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak PAUD. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter anak usia dini PAUD Mekar Sari dilakukan melalui metode pembelajaran, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercerita dan metode pariwisata. Selain itu dapat dilihat dari indikator yaitu Permendikbud No 146 tahun 2014. Implementasi pendidikan karakter anak usia dini di PAUD Mekar Sari antara lain: 1.) Anak menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kreatif, terlihat ketika guru menunjukkan media yang menarik. 2). Anak yang menunjukkan sikap estetis terlihat cara berpakaian. 3). Anak yang menunjukkan sikap percaya diri terlihat ketika anak mau maju kedepan kelas. 4). Anak yang menunjukkan sikap kedisiplinan terlihat anak masuk kelas tepat waktu. 5). Anak yang menunjukkan sikap sabar terlihat ketika mengantri cuci tangan. 6). Anak yang menunjukkan sikap kamandirian terlihat ketika mampu menyelesaikan tugas sendiri dan mampu di dalam kelas tanpa bantuan orang tua. 7). Anak yang menunjukkan sikap peduli terlihat ketika anak membagi makanan kepada temannya. 8). Anak yang menunjukkan sikap menghargai dan menyesuaikan diri terlihat ketika anak mampu menjawab pertanyaan setelah menonton video. 9). Anak yang menunjukkan sikap tanggung jawab terlihat ketika anak merapikan sepatu kedalam rak sepatu. 10). Anak yang menunjukkan sikap jujur terlihat ketika mengembalikan mainan yang bukan miliknya. 11). Anak yang menunjukkan sikap rendah hati ketika anak diajak tanya jawab tentang video yang sudah ditonton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:29
Last Modified: 18 Oct 2018 06:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4250

Actions (login required)

View Item View Item