PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEGIATAN JUAL BELI DENGAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS III MI NAHDLATUSSUBBAN PLOSO KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Awaliyanti, Nurul Hidayatun (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEGIATAN JUAL BELI DENGAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS III MI NAHDLATUSSUBBAN PLOSO KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi pdf lia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar IPS di MI Nahdlatussubban Ploso kec, Karangtengah kab. Demak masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai standar KKM 65. Hal ini dikarenakan penyampaian materi pelajaran oleh guru yang monoton sehingga kurang menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan metode eksperimen dan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan jual beli pada siswa kelas III MI Nahdlatussubban Ploso kec. Karangtengah kab. Demak?. Untuk mengetahui apakah penggunaan metode Eksperimen melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatam jual beli pada siswa kelas III MI Nahdlatussubban Ploso Kec. Karangtengah Kab. Demak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas III MI Nahdlatussubban Ploso yang terdiri dari 28 siswa yaitu 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan 3 siklus .Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode eksperimen dan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) hanya 28,57% (8 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 71,42% (20 siswa) belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang mencapai KKM 14 siswa dari 28 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 58,21. Pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa dari 28 siswa atau 78,57% dengan nilai rata-rata 78,57. Sedangkan pada siklus III siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal siswa mencapai KKM sebanyak 25 siswa atau 89,28% dengan nilai rata-rata 84,64. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS materi kegiatan jual beli pada siswa kelas III MI Nahdlatussubban Ploso kec. Karangtengah kab. Demak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 04:37
Last Modified: 19 Oct 2018 04:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item