Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak Mahasiswa PGMI

Hasanah, Nur (2013) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak Mahasiswa PGMI. Project Report. STAIN Salatiga Press, Salatiga.

[img]
Preview
Text
nurhasahah_pend karakter.pdf

Download (982kB) | Preview

Abstract

Penelitian ditujukan untuk 1) Mengetahui pendidikan karakter mahasiswa PGMI 2) Mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Akhlak mahasiswa PGMI 3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Akhlak mahasiswa PGMI . Penelitian ini fokus pada pelaksanaan pendidikan karakter mahassiswa PGMI. Subyek penelitiannya adalah dosen matakuliah Akhlak dan mahasiswa PGMI semester IV STAIN Salatiga.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitiannya menunjukkan bahwa pendidikan karakter mahasiswa PGMI sudah baik. Hanya indikator karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan yang yang masih kurang. Startegi atau metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah dengan contoh keteladanan, perumpamaan, pembiasaan dan nasehat atau teguran. Sedangkan faktor pengahambat dan pendukung pelaksanaan pendidikan karakter adalah faktor intern yang berasal dari individu mahasiswa dan lingkungan keluarga dan sekaligus sebagai faktor pendukung. Sedangkan faktor ekstern adalah metode dan media pembelajaran serta faktor lingkungan kampus dan masyarakat. Faktor lingkungan kampus dan masyarakat inilah yang menjadi penghambat pelaksanaan pendidikan karakter mahasiswa PGMI.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:20
Last Modified: 18 Feb 2016 02:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item