PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI KANTONG 2P PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASAS ISLAM KALIBENING KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARI, PUTRI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI KANTONG 2P PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASAS ISLAM KALIBENING KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Putri Sari.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagaian menggunakan kantong 2P pada siswa kelas II MI Asas Islam Kalibening Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II MI Asas Islam Kalibening Kota Salatiga dengan dua siklus. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II dilaksanakan sesuai dengan program semester genap mata pelajaran Matematika Kelas II selama 2 jam pelajaran (2X35 menit) dengan jumlah siswa 24 anak. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II ini dilakukan dalam 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan (Planning), tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Pada siklus I dan sikluis II juga dilakukan observasi atau pengamatan terhada pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Pada tahap akhir siklus I ini terdapat kemajuan pada hasil belajar siswa, meskipun terdapat keberhasilan namun selama proses pembelajaran siklus I masih terdapat beberapa kekurangan, kekurangan tersebut di perbaiki pada siklus II Hasil penelitin menunjukan bahwa penggunaan kantong 2P pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagaian dapat mempermudah guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Asas Islam Kalibening Kota Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terlihat dari peningkatan presentase ketuntasan siswa pada tiap siklusnya. Pada pra siklus yaitu presentase ketuntasanya 45,83% dengan jumlah siswa tuntas 11 anak. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus pertama yaitu 83,33 % dengan jumlah siswa tuntas 20 anak dan pada siklus II 100 % dengan jumlah siswa tuntas 24 anak. Hasil penelitian tersebut di harapkan dapat memberikan informasi kepada guru, siswa maupun orang tua untuk data meningkatkan hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:04
Last Modified: 24 Oct 2018 02:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item