Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Alqur’an (Kajian Surat Al-Israa’ Ayat 29).

MAGHFIROH, MUZAYANATUL (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Alqur’an (Kajian Surat Al-Israa’ Ayat 29). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam Al-Qur’an surat Al-Israa’ ayat 29, kemudian untuk mengetahui bagaimana implementasi yang dapat dilakukan dalam dunia pendidikan berdasarkan isi dari surat Al-Israa’ ayat 29. Untuk menyelesaikan penelitian tentang kajian ayat Al-Israa’ ayat 29 ini, penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library resear), kemudian menggunakan dua sumber data, yakni data primer dari Al-Qur’an, Tafsir Al Misbah, An-Nur dan Al-Misbah, metode pengumpulan datanya dengan mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder yang mendukung, setelah itu menganalisis data dengan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan permasalahan yang telah penulis rumuskan, maka diperoleh hasil penelitian bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surat Al-Israa’ ayat 29 ada dua, yang pertama larangan berbuat kikir yang dipertegas dalam kitab tafsir Al-Maraghi agar gemar menafkahkan hartanya namun juga kendalikan nafsu, dalam tafsir An-Nur, bahwa jangan tidak memberikan sesuatu kepada orang lain karena bisa menyesal, dalam tafsir Al-Misbah, bahwa diperintahkan untuk bermurah tangan dan hati. Kedua larangan boros, dalam tafsir Al-Maraghi ditegaskan jangan memberikan kepada orang yang tidak pantas menerima misalnya untuk kemaksiatan, dalam tafsir An-Nur bahwa, dilarang mengeluarkan harta diluar batas kemampuan, dalam tafsir Al-Misbah dijelaskan agar melakukan hal yang berada di tengah-tengahnya antara kikir dan boros yakni berderma. Implementasi dalam lembaga pendidikan diataranya dengan menenamkan akhlak terpuji dalam setiap materi pelajaran yang bersangkutan, selain itu siswa diajarkan untuk terjun langsung dalam masyarakat seperti kegiatan bakti sosial dalam mewujudkan sifat dermawan, kegiatan infaq setiap hari Jum’at untuk mewujudkan sifat gemar berinfaq, kegiatan menabung di sekolah untuk mengajarkan sifat berhemat, kemudian untuk menghindari sifat tamak yaitu saling kerjasama dan menghargai sesame teman, atau ikut mengapresiasi apabila teman memperoleh prestasi agar terhindar dari sifat iri, dengki atau sejenisnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:05
Last Modified: 25 Oct 2018 03:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item View Item