peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek melalui metode diskusi kelompok dan media pembelajaran boneka tangan pada siswa kelas V A MI kalirejo Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Huda, Yuridul (2018) peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek melalui metode diskusi kelompok dan media pembelajaran boneka tangan pada siswa kelas V A MI kalirejo Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
huda.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek pada siswa kelas V MI Kalirejo Kecamatan Ungaran timur Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan media pembelajaran boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek pada siswa kelas V MI Kalirejo Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita pendek pada siswa kelas V MI Kalirejo Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Melalui metode diskusi kelompok dan media pembelajaran boneka tangan ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 39,2% siswa yang tuntas belajar,pada siklus I meningkat menjadi 60,7% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 93,3% siswa tuntas.Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode diskusi kelompok dan media pembelajaran boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek pada siswa kelas V MI Kalirejo Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2018 03:57
Last Modified: 26 Oct 2018 03:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item View Item