MULTIKULTUR: MEMBANGUN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS

Rasimin, Rasimin (2018) MULTIKULTUR: MEMBANGUN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS. In: Penguatan Pendidikan IPS di Tengah Isu-Isu Global.

[img] Text
prosiding 2018 pk rasimin..pdf

Download (795kB)

Abstract

Multikultur merupakan realitas sosial yang dihadapi seluruh bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Keragaman masyarakat seringkali menimbulkan berbagai persoalan sosial yang disebabkan karena adanya pandangan masyarakat yang bersifat eksklusif. Untuk itu diperlukan pandangan masyarakat yang inklusif-pluralis dan multikultural-humanis. Pandangan tersebut dikenal dengan istilah karakter multikultural. Perwujudan karakter multikultural ditempuh melalui pendidikan IPS dengan melahirkan kecerdasan sosial. Keterampilan dasar dalam kecerdasan sosial, yaitu: (1) mengorganisasikan kelompok di lingkungan sosial, (2) merundingkan pemecahan masalah, bila kelompok bersikukuh mempertahankan pendapatnya, ** menjalin hubungan, hubungan sosial terus dijalin, dan (4) Melakukan analisis hubungan sosial, memahami pribadi orang lain. Untuk mewujudkan kecerdasan sosial dengan pendidikan IPS. Kata kunci: multikultur, kecerdasan sosial dan pembelajaran IPS.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:05
Last Modified: 29 Oct 2018 02:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item View Item