Pendidikan IPS Berwawasan Multikultur: Sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa

Rasimin, Rasimin (2014) Pendidikan IPS Berwawasan Multikultur: Sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa. In: International Seminar on Character Education: Building NAtion Character Through Education.

[img] Text
Prosiding International FKIP UNLAM 2014.pdf

Download (9MB)

Abstract

Artikel ini lebih dalam mengupas tentang makna pendidikan IPS yang berwawasan multikultural dalam membentuk karakter bangsa. Ilmu pengetahuan sosial merupakan kehidupan sosial manusia di masyarakat. Aspek kehidupan sosial apapun yang dipelajari, baik yang berhubungan dengan sosial, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah, dan politik, semuanya bersumber dari masyarakat. Oleh sebab itu mayarakat bisa dikatakan sebagai laboratorium demokrasi bagi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Beragam kehidupan sosial yang kita pelajari, tidak akan lepas dari kehidupan masyarakat atau bersumber dari msyarakat. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa fungsi ilmu pengetahuan sosial sebagai pendidikan adalah membina siswa menjadi warga negara yang baik memiliki pengetahuan keterampilan dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya sendiri serta bagi masyarakat dan negara. Pendidikan sebagai sarana untuk membina dan meningkatkan jati diri bangsa untuk mengembangkan seseorang sehingga sanggup mengembangkan potensi yang berasal dari fitrah insani, dari Allah SWT. Pembinaan jati diri akan mendorong seseorang memiliki karakter yang tangguh yang tercermin pada sikap dan perilakunya. Kata Kunci: Pendidikan IPS, Multikultural dan Karakter Bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:11
Last Modified: 29 Oct 2018 02:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4499

Actions (login required)

View Item View Item