Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Hukum Bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Mim Sukun dengan Model Course Review Horay (CRH) pada Siswa kelas VII F SMPN 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

FATMAWATI, FAUZIYAH (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Hukum Bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Mim Sukun dengan Model Course Review Horay (CRH) pada Siswa kelas VII F SMPN 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlangsung di SMPN 5 Salatiga terutama pada kelas VII F cenderung hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa jarang berperan aktif saat pembelajaran berlangsung karena guru hanya menjelaskan sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Sehingga nilai-nilai yang didapatkan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang memuaskan, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa yang masih rendah dengan nilai rata-rata siswa 68,53 (65,38% dari seluruh siswa) belum mencapai KKM sekolah. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut perlu diterapkannya pembelajaran alternatif yang dapat merangsang aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga siswa akan berperan aktif dan memberikan feedback positif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai adalah model Course Review Horay (CRH) yang lebih menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan guru dengan menjawab soal-soal dan mendorong siswa untuk aktif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi hukum bacaan nun sukun/tanwin dan mim sukun dengan model course review horay (CRH) pada siswa kelas VII F SMPN 5 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMPN 5 Salatiga sebanyak 26 siswa. Hasil dari penelitian ini mulai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan siswa. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 19 siswa atau persentasenya adalah 73,07%. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II yaitu sebanyak 23 siswa yang tuntas dan dalam persentasenya adalah 88,46% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa atau sebanyak 15,39%. Adapun, nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai setiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I memiliki rata-rata 75 dan pada siklus II memiliki rata-rata 87,5 yang meningkat 12,5 dari siklus I. Pencapaian KKM kelas pada siklus II 88,46% lebih besar dari KKM klasikal 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII F SMPN 5 Salatiga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Aliran dan Sekte Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:12
Last Modified: 29 Oct 2018 02:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4501

Actions (login required)

View Item View Item