Membangun Sikap dan Perilaku Berdemokrasi di Sekolah Melalui Kearifan Lokal

Rasimin, Rasimin (2012) Membangun Sikap dan Perilaku Berdemokrasi di Sekolah Melalui Kearifan Lokal. In: Inovasi Pembelajaran IPS.

[img] Text
prosiding seminar nasional UPI 2012.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kuatnya gejala erosi sikap dan perilaku berdemokrasi di kalangan siswa, seperti sikap yang mau menang sendiri, suka memaksakan kehendak, kurang mengakui pihak lain, sikap toleran yang semakin melemah, kurangnya empati dan lain-lainnya. Sementara itu, pembelajaran IPS kurang memberikan kontribusi terhadap pembangunan sikap dan perilaku demokratis, yang ditandai penyebabnya oleh dua hal, yaitu sisi substantif yang melupakan unsur lokal dan sisi pembelajaran yang monolitik dan undemokratis. Secara umum dapat dikatakan bahwa dalam kearifan lokal masyarakat terkandung nilai-nilai dan unsur-unsur demokrasi yang dijalankan secara kuat dan utuh, lurus dan jujur, benar, sungguh-sungguh, dan penuh rasa kasih sayang berdasarkan aturan/norma yang dianutnya. Namun secara keseluruhan nailai kearifan lokal tersebut belum ditransformasi pada peserta didik, akibatnya pembelajaran IPS masih cenderung berlangsung secara monolitik, kurang demokratis, terkesan menghafal, tidak kontekstual, membosankan dan tidak optimal. Oleh karenanya, kajian lanjutan pengembangan model pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal penting dilakukan untuk mengefektifkan pembangunan sikap dan perilaku berdemokrasi siswa di sekolah. Kata Kunci: Sikap dan Perilaku Berdemokrasi, Kearifan Lokal, dan Pembelajran IPS.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:14
Last Modified: 29 Oct 2018 02:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4502

Actions (login required)

View Item View Item