PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS III MI NEGERI 9 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Lestari, Khasanah (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS III MI NEGERI 9 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi tari final.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan dasar merupakan hal penting dalam perkembangan belajar anak mulai usia 6-12 tahun. Setiap jenjang pendidikan formal mempunyai kurikulum. Kurikulum SD/MI meliputi pembelajaran yang ditempuh mulai dari kelas I sampai kelas VI. Kurikulum matematika untuk pendidikan formal pada jenjang sekolah dasar hanya dipandang sebagai kumpulan keterampilan berhitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Akibatnya penguasaan dengan baik keterampilan tersebut dipandang hal yang memadai bagi siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan media Pop-Up Book pada siswa kelas III MIN 9 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III MIN 9 Boyolali dengan dua siklus. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan media Pop-Up Book pada pembelajaran matematika materi bangun datar dapat mempermudah guru mencapai tujuan pembelajaran dan dapat menuntaskan hasil belajar siswa kelas III MIN 9 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil rata-rata setiap siklusnya. Pada prasiklus yaitu nilai rata-ratanya 49, 41. Nilai rata-rata tersebut meningkat pada siklus I yaitu 59,11 dan pada siklus II yaitu 80,58. Apabila dilihat dari perolehan nilai tertinggi pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai tertinggi yaitu 70, pada siklus I yaitu 75 dan pada siklus II meningkat menjadi 95. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus 23,52%, pada siklus I meningkat menjadi 70,58% dan pada siklus II yaitu 94,11%. Hanya ada 1 siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal, dikarenakan siswa tersebut belum lancar dalam membaca. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru, siswa maupun orangtua untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:38
Last Modified: 31 Oct 2018 06:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item