PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI SIKAP TASAMUH MENGGUNAKAN METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Muntoyah, Siti (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI SIKAP TASAMUH MENGGUNAKAN METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI F.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu upaya untuk mengembangkan pembelajaran aktif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi tentang sikap Tasamuh menggunakan metode Questions Students Have pada kelas VII MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran aktif membantu anak untuk mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran tertentu, dan mendiskusikannya dengan yang lain. Terkadang beberapa siswa dalam pembelajaran belum memahami sepenuhnya materi yang dijelaskan oleh guru, tetapi malu untuk bertanya sehingga membuat pembelajaran menjadi pasif. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Questions Student Have dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi sikap tasamuh pada siswa VII MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2017/2018? Untuk menjawab pertanyaan tersebuat maka dilakukan penelitian menggunakan metode Questions Students Have. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes disetiap akhir siklusnya untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII dengan menggunakan metode Questions Students Have. Setelah data penelitian dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis rata-rata atau sederhana. Pada siklus I 69 % siswa dinyatakan tuntas atau lulus, dan 31 % siswa dinyatakan belum tuntas atau lulus. Sedangkan pada siklus II diketahui 89 % siswa dinyatakan tuntas atau lulus, dan 11 % siswa dinyatakan belum tuntas atau lulus. Dengan demikian, berdasarkan hasil rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Questions Students Have mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi sikap tasamuh pada siswa kelas VII MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:19
Last Modified: 06 Nov 2018 06:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4666

Actions (login required)

View Item View Item