ANALISIS SWOT TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN SUKARELA LANCAR (SIRELA) DI BMT BINA USAHA KARANGJATI

ANGGRAENI, ELSA DINI ANGGRAENI (2018) ANALISIS SWOT TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN SUKARELA LANCAR (SIRELA) DI BMT BINA USAHA KARANGJATI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TA ELSA DINI ANGGRAENI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Elsa Dini. 2018. Analisis SWOT Terhadap Implementasi Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sukarela Lancar (SIRELA) di BMT Bina Usaha Karangjati. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi D III Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Fetria Eka Yudiana, M.Si. Penelitian ini dilator belakangi persaingan global yang terjadi dalam kehidupan ekonomi yang menuntut setiap lembaga menentukan strategi yang sesuai dari sudut pandang posisi dan tujuan, peluang, keahlian serta sumber dayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara umum gambaran tentang produk SIRELA di BMT Bina Usaha, untuk mengetahui factor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki BMT serta pengembangan strategi pemasaran yang diterapkan di BMT Bina Usaha berdasarkan kondisi keadaan yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berasal dari dokmen-dokumen BMT Bina Usaha Karangjati. Analisis SWOT digunakan dalam perencanaan strategi pemasarannya dengan menganalisa factor internal berupa kekuatan dan kelemahan serta factor eksternal berupa peluang dan ancaman. Dengan pendekatan matriks SWOT dapat diketahui beberapa alterfnatif strategi yang sesuai dengan keadaan BMT Bina Usaha Karangjati saat ini, yaitu: strategi jemput bola, membangun jaringan, mempertahankan hubugan baik dengan anggota, memberikan service excellent, dan memberikan fasilitas yang memuaskan untuk meningkatkan kepuasan dan menjaga kepercayaan anggotanya. Hasil interpretasi dari analisis SWOT menunjukkan bahwa BMT Bina Usaha kuat dan berpeluang, karena factor kekuatan lebih besar dibandingkan faktor kelemahan yang dimiliki dan factor peluang juga lebih besar bila dibandingkan dengan faktor ancaman yang dihadapi sehingga mampu untuk bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Kata Kunci: SWOT, Strategi, Pemasaran, SIRELA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:10
Last Modified: 06 Feb 2019 04:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4955

Actions (login required)

View Item View Item