POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI RA PERWANIDA KADIPATEN KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wulandari, Ika Tri (2019) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI RA PERWANIDA KADIPATEN KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI IKA TRI WULANDARI 11614046 PIAUD....pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak kelompok B di RA Perwanida Kadipaten Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua dalam mengembangkan kemandirian pada anak kelompok B di RA Perwanida Kadipaten Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu orang tua dan guru siswa kelompok B RA Perwanida Kadipaten, dan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Perwanida Kadipaten. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua siswa kelompok B di RA Perwanida Kadipaten Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali adalah pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. Pola asuh demokratis yaitu ditunjukkan dengan hasil wawancara bahwa orang tua memberi kebebasan kepada anak, akan tetapi orang tua tetap mengawasi dan mengontrol anak. Pola asuh otoriter yaitu ditunjukkan dengan hasil wawancara bahwa orang tua menuntut anak untuk harus menuruti semua peraturan yang telah dibuat. Sedangkan kemandirian siswa kelompok B di RA Perwanida Kadipaten sudah berkembang dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil penelitian bahwa anak sudah mampu untuk melakukan keperluannya sendiri. Yaitu anak sudah mampu untuk mandi, memakai baju, memakai sepatu, makan, dan ke toilet sendiri tanpa harus ditunggu. Tidak hanya itu, anak juga mampu untuk mengatur waktu sendiri tanpa harus diingatkan oleh orang tua. Anak mampu untuk mengatur waktu untuk tidur siang, dan waktu untuk belajar. Dalam mengembangkan kemandirian anak juga terdapat faktor yang mempengaruhi. Menurut hasil penelitian faktor yang mempengaruhi perkembangan kemandirian anak adalah faktor pola asuh yang diterapkan oleh orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2019 11:17
Last Modified: 10 Apr 2019 11:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item