PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WORD OF MOUTH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Syariah Sragen Kantor Cabang Boyolali)

BILAL, MUHAMAD (2019) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WORD OF MOUTH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Syariah Sragen Kantor Cabang Boyolali). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SUSUNAN SKRIPSI MUHAMAD BILAL (63012170008).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bilal, Muhamad. 2019. Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Word of Mouth dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intevening (Studi Kasus pada Bank Syariah Sragen Kantor Cabang Boyolali). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi S1 Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Ahmad Mifdlol M. Lc., M.SI. Kata Kunci: Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Word of Mouth. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Experiential Marketing (X1), Kualitas Pelayanan (X2), terhadap Word of Mouth (Y) dengan Kepuasan (Z) sebagai variabel mediasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Sragen Kantor Cabang Boyolali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dan purposive sampling, dengan sampel 100 nasabah. Pengumpulan data melalui kuesioner atau angket, wawancara, dan studi pustaka. Uji statistik terdiri dari uji ttest, Ftest, dan koefisien determinasi (R2). Teknik analisis yang digunakan adalah uji Path Analysis dengan Sobel test. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS statistic version 25. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel word of mouth dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel independen experiential marketing, kualitas pelayanan, dan kepuasan sebesar 58.9%. Hasil uji Ftest menunjukkan bahwa variabel experiential marketing, kualitas pelayanan, dan kepuasan secara serentak dan signifikan mempengaruhi variabel word of mouth. Hasil uji ttest menunjukkan bahwa variabel experiential marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Variabel experiential marketing dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap word of mouth. Hasil dari uji Path Analysis menunjukkan bahwa variabel kepuasan dapat memediasi hubungan antara experiential marketing dan kualitas pelayanan terhadap word of mouth.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 13:40
Last Modified: 12 Apr 2019 13:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5322

Actions (login required)

View Item View Item