KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI (Studi pada Sekolah Inklusi di SMP IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga) TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Suliwati, Suliwati (2019) KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI (Studi pada Sekolah Inklusi di SMP IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga) TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
suliwati SKRIPSI pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahterdapatkorelasiantarakompetensipedagogik guru PAI denganmotivasibelajarpesertadidikdalammatapelajaran PAI padasekolahinklusi di SMP IT NidaulHikmah Kota Salatigapadatahunajaran 2018/2019. Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikkelas VII B dan VIII B yang berjumlah 62 orang termasukpesertadidikberkebutuhankhusustunadaksadankesulitanbelajar (slow learner).Jenispenelitianiniadalahkorelasionalkuantitatif. Bertujuanuntukmencariada/tidaknyahubungansuatuvariabel. Metode yang digunakanuntukmendapatkan data atauinformasimenggunakanangket/lembarkuesioner. Sedangkananalisis yangdigunakandalampenelitianiniadalahmenggunakananalisisdeskriptifdananalisisujihipotesiskorelasiproduct moment yang dibantudengan program aplikasi SPSS versi 25.00. Hasilpenelitianinidiperolehbahwakompetensipedagogik guru PAIyangmasukkategorisangatrendahsebesar 3,2%, kategorirendahsebesar 27,9%, kategorisedangsebesar 48,4% dankategoritinggisebesar 20,9%. Motivasibelajarpesertadidikdalammatapelajaran PAI yang masukkategorisangatrendahsebesar 27,4%, kategorirendahsebesar 27,4%, kategorisedangsebesar 33,9% dankategoritinggisebesar 11,3%. Hubungankompetensipedagogik guru PAI terhadapmotivasibelajardalammatapelajaran PAI berdasarkanperhitungankorelasimenyatakanbahwahipotesisnol (Ho) ditolakdanhipotesisalternatif (Ha) diterimadengannilair_xy>r tabelsebesar 0,495 > 0,244. Interprestasicukupkuatberdasarkannilaisignifikansisebesar 0,000 < 0,05 beradapadarentang ? 0,40 - < 0,70 menunjukanbahwahubungankompetensipedagogik guru PAI denganmotivasibelajarpesertadidikdalammatapelajaran PAI mempunyaikorelasipositif yang sedangdansignifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 10:19
Last Modified: 15 Mar 2022 12:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5383

Actions (login required)

View Item View Item