Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B TK Candra Puspita Kecandran Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019”

safrita, Aryana Wahyu (2019) Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B TK Candra Puspita Kecandran Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan motorik halus mempunyai peranan yang sangat penting bagi anak. Hal ini karena kemampuan motorik halus adalah kemampuan anak untuk mempelajari ketepatan koordinasi tangan dan mata. Selain itu anak juga mempelajari cara menggerakan pergelangan tangan agar lentur, seperti menggunting kertas dan menganyam dengan kertas. Pada usia 4 sampai 6 tahun, pembelajaran menganyam dengan media merupakan suatu hal yang dapat memotivasi belajar anak dengan menggunakan media menganyam yang menarik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah dengan kegiatan menganyam dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak usia dini di TK Candra Puspita?. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui bahwa kegiatan menganyam dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Candra Puspita Kecandran Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B yang berjumlah 22 anak di TK Candra Puspita. Dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi. Analisis data penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus dengan kegiatan menganyam pada kelompok B TK Candra Puspita Kecandran Salatiga tahun pelajaran 2018/2019, kondisi awal presentase pra siklus sebesar 32,15%, pada siklus I hasil presentase pencapaian kelas sebesar 68,56% terdapat 5 anak yang mulai berkembang (MB), 13 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 4 anak berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus II diperoleh presentase keberhasilan kelas sebesar 88,25% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB) dan telah memenuhi kriteria keberhasilan kelas yaitu 85% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 10:58
Last Modified: 13 Apr 2019 10:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5387

Actions (login required)

View Item View Item