PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELASVI SEMESTER I MI MA’ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Islachiyatin, Oktafericha (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELASVI SEMESTER I MI MA’ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi full fiks.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar IPA di MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 60. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik dan kurang menyenangkan. Gaya belajar siswa sangat memengaruhi siswa dalam memahami materi pembelajaran, sehingga metode pembelajaran yang dipilih guru harus diubah menjadi metode pembelajaran yang dapat memfasilitasi semua jenis gaya belajar. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah melalui metode Group Investigation (GI) mata pelajaran IPA materi perubahan benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI semester I MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019”?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan benda melalui metode group investigation (GI) pada siswa kelas VI Semester I MI Maarif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga yang berjumlah 14 siswa meliputi 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal tes, silabus, RPP, dan materi pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga tahun 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Praiklus ke Siklus I 35,71% dan Siklus I ke Siklus II 14,29% Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus 42,86% siswa tuntas belajar, Siklus I 78,57% siswa tuntas belajar, dan Siklus II 92,86% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 05:36
Last Modified: 13 Apr 2019 05:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item