PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEARD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V DI MI KAUMAN KIDUL, KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

Saputri, Mutia Nur Indah (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEARD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V DI MI KAUMAN KIDUL, KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi lengkap.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputri, Mutia Nur Indah. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kalor Dan Perpindahannya Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas V Di Mi Kauman Kidul, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negri Salatiga. Dosen Pembimbing Peni Susapti. M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Metode Word Square. Pembelajaran IPA di MI Kauman Kidul Kota Salatiga belum menggunakan berbagai model pembelajaran aktif dan masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa kurangnya memmperhatikan materi yang disampaikan oleh guru terutama materi kalor dan perpindahannya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heard Together dengan metode Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kalor dan perpindahannya pada kelas V di MI Kauman Kidul, Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi kalor dan perpindahannya dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heard Together dengan metode Word Square pada kelas V di MI Kauman Kidul, Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Kauman Kidul Kota Salatiga yang berjumlah 26 siswa meliputi 10 siswa perempuan dan 16 laki-laki. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar obsrvasi guru, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statitik menggunakan rumus presentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan evaluasi menggunakan metode word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Kauman Kidul Kota Salatiga tahun 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 32% dan Siklus I ke siklus II 15%. Hal ini dapat dilihat perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus memiliki rata-rata 70, Siklus I memiliki rata-rata 76 dan Siklus II memiliki rata-rata 85,3. Siswa telah mencapai KKM secara klasikal sebesar 92%. Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remediasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar pada materi kalor dan perpindahannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:35
Last Modified: 15 Apr 2019 09:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item