Penerapan Metode Amtsilati dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang

Munawaroh, (2019) Penerapan Metode Amtsilati dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulis melakukan penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana para santri di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin bisa mempelajari kitab kuning dengan baik dan benar dengan menggunakan metode amtsilati. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode amtsilati dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. 2) Apa kelebihan dan kekurangan penerapan metode amtsilati dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran, informan dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok pesantren, pengurus pondok pesantren, dan santri pondok pesantren. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode amtsilati ini berjalan dengan baik sesuai teknis pembelajaran. Penerapan metode amtsilati dilakukan dengan cara praktik dan menghafal. Buku pedoman yang digunakan dalam pembelajaran yaitu kitab amtsilati karangan KH. Taufiqul Hakim yang berasal dari Jepara berjumlah 9 buku. Pembelajaran amtsilati dilaksanakan satu minggu dua kali pertemuan pada hari Selasa dan hari Jum’at yang diampu oleh ustadz Fatkhurrohman. 2) Kelebihan metode amtsilati sebagai berikut: contoh yang diambil dari potongan ayat Al-qur’an, peletakkan rumus yang disusun secara sistematis, sehingga memudahkan santri dalam memberikan contoh. Kekurangan dari metode amtsilati seperti menggunakan sistem perkelas, dituntut untuk dapat menghafalkan nadzaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 11:01
Last Modified: 15 Apr 2019 11:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5424

Actions (login required)

View Item View Item