PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS AMPEL KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2018

January, Dennis Ossy (2019) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS AMPEL KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis bab 1-5 + lampiran FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, efektif dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi alat pencernaan manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak SD/MI yang tidak mempunyai tiruan alat pencernaan manusia untuk pembelajaran IPA materi alat pencernaan manusia di samping sifat tiruan rangka yang mudah rusak, mudah patah dan tidak praktis. Metode pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahapan utama, yaitu 1) Tahap identifikasi yaitu melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) Tahap desain dan pengembangan, 3) Tahap evaluasi yaitu validasi ahli media dan ahli materi serta revisi, 4) Ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk,dan 5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Jumlah subyek penelitian adalah 20 siswa dengan rincian 5 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 21 siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket, lembar catatan saran, serta kamera photo digital. Diseminasi dilakukan di Forum Kelompok Kerja Guru Kecamatan Ampel untuk implementasi ke sasaran pengguna yang lebih banyak. Hasil penelitian menunjukkan pengembangkan media pembelajaran Augementedd reality masuk ke dalam kategori sangat layak dan sangat efektif digunakan. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan persentase total sebesar 90%, uji kelayakan menurut ahli materi sebesar 88,46%. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat efektif berdasarkan uji efektivitas dengan hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 90% dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 82,21% sedangkan dalam penerapannya mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas menjadi 89,24 sehingga media pembelajaran Augmented reality termasuk ke dalam kategori sangat valid, sangat layak dan sangat efektif. Kata Kunci : Augmented Reality, Media Pembelajaran, Alat Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:28
Last Modified: 16 Apr 2019 10:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5481

Actions (login required)

View Item View Item