Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Intensif melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas III Semester II SD N Gunung Tumpeng 1 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Q, Mutik Lailatul (2019) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Intensif melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas III Semester II SD N Gunung Tumpeng 1 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENGESAHAN MUTIK REVISI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N Gunung Tumpeng 1 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dilaksanakan dengan model pembelajaran yang konvensional. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa . Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada Pra Siklus yang belum mencapai KKM 68. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk meningkatan hasil belajar materi membaca intensif mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III semester II SD N Gunung Tumpeng 1 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019 melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD N Gunung Tumpeng 1 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru dan siswa, lembar tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus hitung nilai rata-rata dan presentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N Gunung Tumpeng 1 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 33% dan Siklus I ke Siklus II 17%. Hal ini dapat dilihat perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I memiliki rata-rata 68,38, Siklus II memiliki rata-rata 91,5%. Siswa telah mencapai KKM secara klasikal sebesar 88,89% pada Siklus II. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar pada materi membaca intensif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2019 14:08
Last Modified: 03 May 2019 14:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item View Item