peningkatan hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok dengan model pembelajaran contextual teaching and learning dan media visual pada siswa kelas V MI Raudhlatush sholihin kecamatan gemolong kabupaten sragen tahun pelajaran 2018/2019

Tsabit, Asluha (2019) peningkatan hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok dengan model pembelajaran contextual teaching and learning dan media visual pada siswa kelas V MI Raudhlatush sholihin kecamatan gemolong kabupaten sragen tahun pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ASLUHA TSABIT 23040 15 0109.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tsabit, Asluha 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Media Visual pada Siswa Kelas V MI Raudlatush Sholihin Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Krguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd Kata Kunci : Hasil belajar Matematika, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Media Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi volume kubus dan balok pada siswa kelas V MI Raudlatush Sholihin Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Matematika dan siswa kelas V B MI Raudlatush Sholihin Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 60 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI Raudlatush Sholihin Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Media Visual hanya 5 siswa (15,6%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan masih ada 27 siswa (84,4%) yang belum memenuhi KKM. Selanjutnya pada siklus I ada 12 siswa (37,5%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ada 20 siswa (62,5%) belum memenuhi KKM. Kemudian, pada siklus II ada 20 siswa (62,5%) memenuhi KKM dan ada 12 siswa (37,5%) yang belum tuntas dari KKM. Terakhir pada siklus III 29 siswa (90,6%) tuntas dari KKM dan ada 3 siswa (9,4%) yang belum ix tuntas KKM. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2019 15:47
Last Modified: 03 May 2019 15:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5600

Actions (login required)

View Item View Item