PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PELAPUKAN BATUAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V DI MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2014/2015

Rusidi, Ali (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PELAPUKAN BATUAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V DI MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ali Rusidi_11510074.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ntuk mengetahui peran pendekatan CTL dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi pelapukan batuan dan pencapaian target KKM kelas pada siswa kelas V MIN Kebonan Kecamatan Karanggede. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari siswa laki-laki yang berjumlah 9 orang dan siswa perempuan yang berjumlah 13 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari hasil soal pre test dan post test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Presentase = Frekuensi : Jumlah siswa x 100. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui, dengan penggunaan pendekatan CTL pada pokok bahasan pelapukan batuan mengalami peningkatan pada pra siklus siswa yang tuntas dalam KKM 65 sebanyak 2 siswa atau 9%. Pada siklus I dicapai persentase ketuntasan 6 siswa atau 27,2% yang mendapat nilai di atas KKM 65 saat pre test menjadi 9 siswa atau 41% saat post test terjadi kenaikan sebesar 31,9%. Pada siklus II dicapai persentase ketuntasan dengan nilai KKM 65 saat pre test sebanyak 7 siswa atau 31,9% menadi sebanyak 15 siswa atau 68,1% ada kenaikan sebanyak 27,2% dari siklus I. Pada siklus III dicapai persentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai KKM 65 sebanyak 15 siswa atau 68,1% saat pre test menjadi 19 siswa atau 86,3% saat post test meningkat sebanyak 18,1% dari siklus II. Jadi dari pra siklus sampai dengan siklus III ada kenaikan ketuntasan dari 2 siswa atau 9% menjadi 19 siswa atau 86,3% naik sebesar 17 siswa atau 77,3% dari jumlah siswa. Hasil yang diperoleh adalah pendekatan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi pelapukan batuan pada siswa kelas V MIN Kebonan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali tahun 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:33
Last Modified: 26 Feb 2016 04:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item