PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI KAUMAN KIDUL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Khasanah, Ida Faridatul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI KAUMAN KIDUL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI IDA FARIDATUL KH.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Faridatul Khasanah, Ida. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam melalui model pembelajaran picture and picture dengan media teka-teki silang pada siswa kelas IV MI Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Sutrisna, S.Ag., M,Pd. Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Model Picture and picture, Media Teka-teki silang Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Kauman Kidul Kota Salatiga tahun 2018/2019, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, ted dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai Peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS materi sumber daya alam alam pada siswa kelas IV Semester II MI Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil kondisi pra siklus hanya 10 siswa (34,49%) yang tuntas KKM, sedangkan 19 siswa (65,51) belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I Sebanyak 21 siswa (72,41%) yang tuntas KKM, sedangkan 8 siswa ( 27,59%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 73,79. Diperoleh peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus I 67,64%. Pada siklus II 26 siswa 89,66% ? 85% yang tuntas KKM, sedangkan 3 siswa (10,34%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 87,58. Diperoleh peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II 17,65%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:23
Last Modified: 09 Sep 2019 02:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item