PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA FINGER PUPPET PADA SISWA KELAS V MI MOJOSARI, KECAMATAN BANSARI, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

sari, Vita Ardiana (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA FINGER PUPPET PADA SISWA KELAS V MI MOJOSARI, KECAMATAN BANSARI, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PDF VITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ardiana Sari, Vita. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Media Finger Puppet pada Siswa Kelas V MI Mojosari Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Drs. Bahroni, M. Pd. Kata Kunci : Hasil belajar, Model Think Talk Write (TTW), Media finger puppet Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di MI Mojosari. Hal ini terbukti dari hasil wawancara yang peneliti lakukan terhadap guru kelas V yang mengatakan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya materi menulis karangan masih sangat rendah. Hal ini terjadi karena masih banyak siswa yang belum memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapatnya, siswa belum berani untuk bertanya dan mempresentasikan hasil pekerjaannya. Siswa juga mengalami permasalahan dalam menulis karangan sederhana, khususnya pada pemilihan kata dan penempatan tanda baca. Penyebab lainnya yaitu kurangnya minat siswa dalam hal menulis, dan kurangnya motivasi belajar serta kurangnya variasi dalam penggunaan model dan media pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah penerapan model pembelajaran TTW dengan media Finger Puppet dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menulis Karangan pada siswa kelas V MI Mojosari tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V MI Mojosari, Kecamatan Bansari yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data ini menggunakan tes dan observasi (pengamatan). Instrumen penilaian berupa tes dan lembar observasi. Tes ini digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan lembar observasi ini digunakan untuk mengamati kegiatan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dengan bantuan media finger puppet dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis karangan. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa yang terlihat lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata kelas dan nilai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 8,66 pada siklus I (kondisi awal 62,64 menjadi 71,30) dan pada siklus II meningkat sebesar 17,77 (kondisi awal 62,64 menjadi 80,41). Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 29,03% (kondisi awal 29,03% menjadi 58,06%) dan pada siklus II meningkat sebesar 58,07% (kondisi awal 29.03% menjadi 87,10%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 13:19
Last Modified: 09 Sep 2019 13:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item