“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur?an Pada Siswa Kelas XI SOS 1 Di SMAN 1 Tengaran Tahun Ajaran 2018/2019”.

INDRIANI, MARIATUL SOLEHA (2019) “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur?an Pada Siswa Kelas XI SOS 1 Di SMAN 1 Tengaran Tahun Ajaran 2018/2019”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI INDRIII bismillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi oleh peserta didik dalam kegiatan belajar membaca al-Qur?an. 2) untuk mengetahui faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar membaca Al-Qur?an dan faktor yang mendukung peserta didik dalam belajar membaca Al-Qur?an. 3) untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur?an pada siswa kelas XI SOS 1 di SMAN 1 Tengaran Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. 1) Kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam kegiatan belajar membaca al-Qur?an khususnya pada peserta didik kelas XI SOS 1 di SMA N 1 Tengaran antara lain kesulitan dalam belajar tentang hukum bacaan tajwid khususnya pada materi Tafkhim dan Tarqiq kemudian dalam materi makharijul hurf khususnya pada pelafalan huruf „ain. 2) faktor penyebab peserta didik kesulitan dalam belajar membaca al-Qur?an ada dua yaitu faktor internal seperti rasa malas dan rasa malu. Faktor ekternal seperti kurangnya dukungan dari orangtua dan faktor yang mendukung siswa dalam belajar membaca al-Qur?an terdiri dari dua yaitu faktor internal seperti kemauan dalam belajar dan memperhatikan guru pada saat kegiatan pembelajaran. Faktor ekternalnya antara lain dukungan dari orangtua, adanya nilai tambahan, adanya motivasi dari guru dan adanya reward. 3) strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas XI SOS 1 di SMA N 1 Tengaran antara lain dengan (a) mengadakan pantauan khusus (b) memberikan motivasi, dan (c) mengarahkan peserta didik. Selain dengan kegiatan tersebut guru PAI juga mengadakan kegiatan penunjang untuk menghadapi kesulitan yang dialami oleh peserta didik kegiatan itu antara lain adalah dengan cara mengarahkan siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler BTQ dan mengikuti kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2019 13:22
Last Modified: 10 Sep 2019 13:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item