Pengembangan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Media Boneka Tangan pada Kelompok A RA Al Amin 02, Ngronggo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Puspitasari, Nina Deasy (2019) Pengembangan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Media Boneka Tangan pada Kelompok A RA Al Amin 02, Ngronggo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI (NINA DEASY P. PIAUD).pdf

Download (4MB)

Abstract

Puspitasari, Nina Deasy. 2019. Pengembangan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Media Boneka Tangan Pada Kelompok A RA Al- Amin 02, Ngronggo, Kec Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institus Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci : Pengembangan Berkomunikasi, Media Boneka Tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak menggunkan media boneka tangan pada anak di RA AL Amin 02 Salatiga. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada kelompok A RA Al Amin 02, Ngronggo, kec Argomulyo, Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelompok A RA Al Amin 02 Salatiga. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian hasil belajar tiap siklus dengna ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Penelitian ini menunjukkan bahawa penggunaan media boneka tangan dapat mengembangkan berkomunikasi pada kelompok A RA Al Amin 02, Ngronggo, Kec Argomulyo, Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh persentase sebesar 51% dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 91%. Perkembangan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 40%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui media boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak pada kelompok A RA Al Amin 02 Salatiga. Setelah penelitian ini disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatifdisertai penggunaan media pemebelajaran yang lebih menarik sehingga hasil belajar siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2019 14:16
Last Modified: 10 Sep 2019 14:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5743

Actions (login required)

View Item View Item