PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN BARUKAN 01 KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Aminah, Ulfa Nurul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN BARUKAN 01 KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PDF SKRIPSI-ULFA NURUL AMINAH-PGMI-23040150099.pdf

Download (549kB)

Abstract

Nurul, Ulfa Aminah. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Barukan 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Sutrisna, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV semester 2 SDN Barukan 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Barukan yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki, 15 siswa perempuan penelitian menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Flashcard pada saat pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 1 prasiklus dan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan (planing) 2) peaksanaan tindakan (acting) 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflekting). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku bagi siswa kelas IV SD Negeri Barukan 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Dapat diketahui dari pra siklus, siklus I, dan siklus II selalu meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari prosentase ketuntas dalam mengikuti pembelajaran hasil pra siklus terdapat 7,69% (2 siswa tuntas ), siklus I 76,93% (20 siswa tuntas), dan siklus II 88,47% (23 siswa tuntas). Dari hasil keseluruhan dapat dinyatakan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri Barukan 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019 telah berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2019 15:10
Last Modified: 10 Sep 2019 15:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5748

Actions (login required)

View Item View Item