“Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Hubungan Keadaan Awan dan Cuaca Melalui Strategi Peer Lessons dan Media Benda Model Pada Siswa Kelas III Sd Islam Cendekia Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”.

Ermawati, Aprida (2019) “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Hubungan Keadaan Awan dan Cuaca Melalui Strategi Peer Lessons dan Media Benda Model Pada Siswa Kelas III Sd Islam Cendekia Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PDF APRIDA ERMAWATI 23040150189.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ermawati, Aprida. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Hubungan Keadaan Awan dan Cuaca Melalui Strategi Peer Lessons dan Media Benda Model Pada Siswa Kelas III SD Islam Cendekia Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Strategi Peer Lessons dan Media Benda Model Pembelajaran IPA di SD Islam Cendekia Ngempon belum menggunakan berbagai model pembelajaran aktif dan masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi hubungan keadaan awan dan cuaca. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Hubungan Keadaan Awan dan Cuaca Melalui Strategi Peer Lessons dan Media Benda Model Pada Siswa Kelas III SD Islam Cendekia Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Alasan peneliti menggunakan jenis PTK adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan oleh guru didalam kelas sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh siswa utamanya pada pelajaran IPA dapat meningkat. Dalam pengumpulan data tersebut peneliti menggunakan metode Tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Strategi pembelajaran Peer Lessons dan Media Benda Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Cendekia Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun 2019 pada mata pelajaran IPA materi Hubungan keadaan awan dan cuaca. Hal ini dibuktikan dari persentase hasil belajar yang terus meningkat dari siklus I sampai siklus II. Siklus I siswa yang tuntas belajar ada 11 siswa (73.33%) artinya mengalami peningkatan prestasi belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar (26,67%) sehingga mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 9,13. Siklus II terdapat 13 siswa (86,66%) tuntas belajar dan 2 siswa (13.33%) belum tuntas belajar, pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan peningkatan prestasi belajar sebesar 13.33%. Berdasarkan data tersebut, hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peer Lessons dan Media Benda Model dari siklus I (73%), siklus II (86,66%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 10:05
Last Modified: 11 Sep 2019 10:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5762

Actions (login required)

View Item View Item