ANALISIS STRATEGI MARKETING BERBASIS SYARIAH DENGAN PENDEKATAN PROMOTION MIX DI KSPPS TAMZIS BINA UTAMA CABANG SALATIGA

FARIDA, YENI (2019) ANALISIS STRATEGI MARKETING BERBASIS SYARIAH DENGAN PENDEKATAN PROMOTION MIX DI KSPPS TAMZIS BINA UTAMA CABANG SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Yeni Farida 64010160039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yeni Farida. 2019. Analisis Strategi Marketing Berbasis Syariah Dengan Pendekatan Promotion Mix pada KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Salatiga. Tugas Akhir. Program Studi DIII Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Qi Mangku Bahjatulloh, Lc., M.SI. Tugas akhir ini dilatar belakangi strategi pemasaran yang dijalankan oleh BMT Tamzis Bina Utama Cabang Salatiga yang menerapkan prinsip syariah dalam strategi marketingnya. Namun dalam prakteknya masih menggunakan sistem pemasaran konvensional/tradisional yang masih memberatkan sebagian dari masyarakat yang tidak bisa menilai kemampuan mereka dalam pengajuan pembiayaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing berbasis syariah yang diterapkan oleh KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Salatiga dengan menganalisis strategi marketing berbasis syariah yang digunakan KSPPS, perkembangan KSSPS dalam pelaksanaan marketing berbasis syariah dengan menggunakan pendekatan promotion mix, serta kendala dan penyelesaian dalam praktek marketing berbasis syariah di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Salatiga. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti menggambarkan atau melukiskan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan observasi secara langsung, melakukan wawancara, dan studi pustaka. Sumber datanya berasal dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing yang digunakan KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Salatiga masih campuran antara konvensional dan syariah; perkembangan KSPPS berdasarkan unsur-unsur promotion mix sudah memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook serta link-link pasar untuk mempromosikan produk-produknya dan produk yang paling diminati Pembiayaan Mikro Syariah dan Simpanan Mutiara; kendala yang dihadapi oleh KSPPS diantaranya adanya anggota yang sakit, tidak jualan, kondisi ekonomi, karakter, kebakaran dan meninggal dunia dan penyelesaiannya dengan pendekatan karakter bagi anggota yang sakit, tidak jualan, kondisi ekonomi, dan karakter dan dianggap lunas secara otomatis oleh BMT bagi anggota yang meninggal dunia dan unsur kecelakaan. Kata Kunci : Strategi Marketing Berbasis Syariah, Pendekatan Promotion Mix, Kendala, Penyelesaian, KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 10:14
Last Modified: 11 Sep 2019 10:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5763

Actions (login required)

View Item View Item