STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PENDIDIKAN SISWA SEKOLAH (SI SIDIK) DI KSPPS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG SALATIGA

ARDIYATI, EKA FITRI (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PENDIDIKAN SISWA SEKOLAH (SI SIDIK) DI KSPPS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TA FIX 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ardiyati, Eka Fitri. 2019. Strategi Pemasaran Simpanan Pendidikan Siswa Sekolah (SI SIDIK) Di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Salatiga. Tugas Akhir. Jurusan DIII Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Aziz Nugraha P, M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menindak lanjuti tentang strategi pemasaran yang digunakan KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur operasional produk simpanan SI SIDIK (2) stategi pemasaran produk simpanan SI SIDIK (3) hambatan-hambatan yang dihadapi KSPPS BMT Bina Ummaat Sejahtera cabang Salatiga dalam memesarkan produk SI SIDIK (4) solusi untuk menghadapi masalah yang dihadapi oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Salatiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) bahwa pelaksanaan prosedur operasionl simpanan pendidikan siswa sekolah yang diterapkan oleh KSPPS Bina Ummat Sejahtera cabang Salatiga telah sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. (2) strategi pemasaran yang diterapkan oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Salatiga memiliki inovasi dari teori sebelumnya, dimana adanya perpaduan dengan teori Londre mengenai strategi pemasaran yang berupa marketing mix yang terdiri dari 9P dan ditambah dengan 5 langkah menuju sukses dalam memasaran produk simpanan. (3) hambatan-hambatan yang dihadapi KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Salatiga dalam memasarkan produk SI SIDIK plus seperti peran marketing, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai investasi pendidikan, dan promosi. (4) solusi untuk menghadapi masalah yang di hadapi oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Salatiga yaitu memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap karyawan baru, mengetahui kebutuhan masyarakat, mengadakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai produk simpanan siswa sekolah dengan berbagai macam keuntungan, manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh produk tersebut. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Simpanan, KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 13:23
Last Modified: 11 Sep 2019 13:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

View Item View Item