PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DENGAN METODE BRAINWRITING MELALUI MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS V SD PLUS TAHFIZHUL QUR’AN AN NIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rofi''ah, Siti (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DENGAN METODE BRAINWRITING MELALUI MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS V SD PLUS TAHFIZHUL QUR’AN AN NIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SITI ROFI'AH 23040150035.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rofi’ah, Siti. 2019. Peningkatan Kemampuan Belajar Bahasa Indonesia Dengan Metode Brainwriting Melalui Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD Plus Tahfizhul Qur’an An Nida Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Imam Mas Arum, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Brainwriting Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar bahawa Indonesia materi menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD Plus Tahfizhul Qur’an Salatiga. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode brainwriting dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisis bebas pada siswa kelas V SD Plus Tahfizdul Qur’an Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action reseach) yang terdiri dari dua siklus. Yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan masing-masing yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa dengan metode brainwriting dapat meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM bahasa Indonesia yaitu 75 pada materi menulis puisi bebas kelas V SD Plus Tahfizhul Qur’an An Nida Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode brainwriting 37,5% (6 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolahan yaitu 75, sedangkan 62,5% (10 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I mengalami peningkatan yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 62,5% (10 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 69,68, sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 93,7% (15 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 85,31. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 09:44
Last Modified: 12 Sep 2019 09:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5793

Actions (login required)

View Item View Item