Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Rumah Adat dan Pakaian Adat Di Indonesia Melalui Strategi Pembelejaran Ekspositori dengan Media Pohon Pintar pada Siswa Kelas IV Semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

MASRUROH, ANIS (2019) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Rumah Adat dan Pakaian Adat Di Indonesia Melalui Strategi Pembelejaran Ekspositori dengan Media Pohon Pintar pada Siswa Kelas IV Semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.ANIS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi keragaman rumah adat dan pakaian adat di Indonesia menggunakan stratgi pembelajaran ekspositori dengan media pohon pintar pada siswa kelas IV semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 18 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus.Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi keragaman rumah adat dan pakaian adat di Indonesia pada siswa kelas IV semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekspositori dengan media pohon pintar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi keragaman rumah adat dan pakaian adat di Indonesia pada siswa kelas IV semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dapat dibuktikan dari data yang per siklusnya, hasil pra siklusnya hanya 4 siswa (22,22%) yang tuntas KKM, sedangkan 14 siswa (77,77%) belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I 11 siswa (61,11%) yang tuntas KKM, sedangkan 7 siswa (38,88%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 74,44%. Diperoleh peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus I 38,89%. Pada siklus II 16 siswa (88,88%) ≥ 85% yang tuntas KKM, sedangkan 2 siswa (11,11%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 85%. Diperoleh peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II 27,775. .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:53
Last Modified: 12 Sep 2019 02:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5794

Actions (login required)

View Item View Item