PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF JAMBU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SKRIPSI

Anggriarti, Meila Setyo (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF JAMBU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SKRIPSI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anggriarti, Meila Setyo. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam melalui strategi Giving Question and Getting Answer dengan media papan flannel pada siswa kelas III di MI Ma’arif Jambu Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Strategi Giving Question and Getting Answer, media papan flanel Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Giving Question and Getting Answer dengan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas III MI Ma?arif Jambu Tahun Pelajaran 2018/2019 dan apakah penerapan strategi Giving Question and Getting Answer dengan media papan flanel dapat mencapai target KKM kelas (85%) pada siswa kelas III MI Ma?arif Jambu Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas III MI Ma?arif Jambu yang terdiri dari 16 siswa yaitu 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Giving Question and Getting Answer dengan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan strategi Giving Question and Getting Answer dengan media papan flanel hanya 25% (4 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 75% (10 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa dari 16 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 68,75. Pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 11 siswa dari 16 siswa atau 68,75% dengan nilai rata-rata 76,25. Sedangkan pada siklus III siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 87,5% ? 85% dengan nilai rata-rata 85. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan strategi Giving Question and Getting Answer dengan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas III MI Ma?arif Jambu Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 14:38
Last Modified: 12 Sep 2019 14:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item