Nilai-Nilai Materi Pendidikan Islam dalam Buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) Karya M. B Rahimsyah

Masrurroh, Dewi (2019) Nilai-Nilai Materi Pendidikan Islam dalam Buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) Karya M. B Rahimsyah. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Masrurroh, Dewi. 2019. Nilai-Nilai Materi Pendidikan Islam dalam Buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) Karya M. B Rahimsyah . Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd Kata Kunci :Nilai-Nilai Materi Pendidikan Islam, buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) Di zaman sekarang ini, pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan itu kurang lengkap apabila hanya mencetak lulusan yang hanya memiliki kecerdasan intelektual saja tanpa diimbangi dengan jiwa religius yang seharusnya dimiliki oleh siswa. Buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) karya M. B Rahimsyah adalah buku berupa perkumpulan kisah yang mengandung nilai-nilai pendidikan yang Islami, dapat memberikan motivasi yang baik bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-Nilai materi pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) karya M.B Rahimsyah, bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) karya M.B Rahimsyah dengan dunia pendidikan. Penulis menggunakan jenis penelitian Library Research (Penelitian Kepustakaan), yaitu penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Selain metode tersebut, penulis menggunakan metode kisah. Nilai-nilai materi pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Kisah 1001 Malam Abu Nawas (Sang Penggeli Hati) karya M.B Rahimsyah meliputi: Nilai pendidikan akidah/ keimanan (iman kepada Allah, iman kepada malaikat Allah, iman kepada kitab Allah, iman kepada rasul Allah, iman kepada hari akhir/ kiamat, iman kepada qodho dan qodar), nilai pendidikan syari’ah/ ibadah (wudhu, sholat, berdo’a, puasa, sedekah, menuntut ilmu, pernikahan, merawat jenazah), nilai pendidikan akhlak yaitu a) akhlak kepada Allah SWT (tawakal, bertaubat, bersyukur, taqwa), b) akhlak kepada diri sendiri (sabar, niat, tanggung jawab, syaja’ah/ berani, optimis, jujur, istiqomah, gigih, amanah), c) akhlak kepada sesama manusia (berbuat adil, saling memaafkan, peduli, mengucapkan salam, menolong). Relevansi nilai pendidikan Islam dengan praktik pendidikan Islam dewasa ini adalah pentingnya penerapan nilai-nilai pendidikan Islam pada di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, serta lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 14:12
Last Modified: 13 Sep 2019 14:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item View Item