PENGARUH PROMOSI, KARAKTERISTIK PEMASARAN ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA SALATIGA)

Soegiri, Irawan (2019) PENGARUH PROMOSI, KARAKTERISTIK PEMASARAN ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IRAWAN SOEGIRI (63010150085).pdf

Download (2MB)

Abstract

Soegiri, Irawan. 2019. Pengaruh Promosi, Karakteristik Pemasaran Islam dan Kualitas Pelanyanan terhadap Minat Menabung pada Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Kota Salatiga). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Agus Waluyo, M. Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perekonomian yang diiringi dengan perkembangan teknologi, infrastruktur dan ilmu pengetahuan serta rasa toleransi menciptakan sebuah persaingan yang semakin ketat dan tajam dalam perekonomian terutama pada bank syariah di kota Salatiga. Tidak bisa dipungkiri juga perkembangan yang sumber daya manusia maupun perkembangan perbankan syariah di kota Salatiga yang berkembangn dengan cukup pesat yang sebagai kota kecil yang memliki 3 bank syariah dan 1 BPRS sehingga terjadi persaingan yang ketat. Kunci keunggulan bersaing dalam situasi yang penuh persaingan adalah kemampuan bank dalam meningkatkan minat menabung masyarakat kota Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, karakteristik pemasaran Islam dan kualitas layanan terhadap minat menabung pada bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderating (studi kasus kota Salatiga). Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala interval atau linkert 1 sampai 5. Sampel yang di ambil sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS 23. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik, uji asumsi klasik dan uji menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil uji t test pertama menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan positif dan signifikan terhada minat menabung masyarakat, sedangkan karakteristik pemasaran Islam tidak berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat. Hasil uji t test kedua menunjukkan variabel promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung masyarakat, sedangkan kualitas layanan berpengaruh negatif dan signifiakan terhadap minat menabung masyarakat. Variabel religiusitas mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menabung masyarakat, namun variabel religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh promosi dan karakteristik pemasaran islam terhadap minat menabung masyarakat kota Salatiga. Kata kunci : Promosi , Karakteristik Pemasaran Islam, Kualitas Pelayanan, Religiusitas, Minat Menabung Masyarakat dan Bank Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 13:42
Last Modified: 16 Sep 2019 13:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5873

Actions (login required)

View Item View Item