PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA 7 MATERI DONGENG MELALUI METODE GLOBAL PADASISWA KELAS II SEMESTER IIMI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANGKABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Savita, Evita Intan Ardiana (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA 7 MATERI DONGENG MELALUI METODE GLOBAL PADASISWA KELAS II SEMESTER IIMI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANGKABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_reduce.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Intan Ardiana Savita, Evita. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema 7 Materi Dongeng Melalui Metode Global Pada Siswa Kelas II MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Progam StudiPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Nur Hasanah M. Pd.I Kata Kunci : Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Metode Global Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia tema 7 materi dongeng melalui metode globalpada siswa kelas II semester II di MI Ma’arif Gedangan kecamatan Tuntang tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa kelas II MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang terdiri dari 26 siswa yaitu 18 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui soal tes formatif pada setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode global dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas II semester II MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Dengan bukti bahwa, hasil pra siklus 42% (11 siswa) yang tuntas,sedangkan 58% (15 siswa) belum tuntas. Selanjutnya pada siklus I 58% (15 siswa) yang sudah tuntas dan 42% (11 siswa) belum tuntas.Pada siklus II 96% (25 siswa) sudah tuntas KKM sedangkan 4% (1 siswa) belum tuntas. Sehingga Peningkatan siklus I dan II yaitu 38%. Siswa yang memperoleh nilai KKM ? 70 dari siswa keseluruhan mencapai 96%.Siklus ini dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan ?85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 16:01
Last Modified: 16 Sep 2019 16:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item View Item