Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019

Suryani, Yety Yunaeti (2019) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YETY YUNAETI SURYANI, 23070150010.pdf

Download (8MB)

Abstract

Suryani, Yety Yunaeti. 2019. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Intitut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecerdasan emosional siswa, gambaran tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan metode penelitian ex post facto korelasi. Sampel yang penulis gunakan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 64 siswa. Data-data dalam penelitian ini penulis dapatkan dengan menggunakan metode kuesioner, tes, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis data penelitian dengan menggunakan rumus product moment, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali dengan kecerdasan emosional rendah dengan prosentase 28,1%, sedang dengan prosentase 37,5%, dan tinggi dengan prosentase 34,4%. Kedua, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali dengan kemampuan pemecahan masalah matematika rendah dengan prosentase 29,7%, sedang dengan prosentase 35,9%, dan tinggi dengan prosentase 34,4%. Ketiga, setelah data dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi 0,586 kemudian dibandingkan dengan dengan jumlah dan taraf signifikan 1% yaitu 0,2075 terbukti hasil maka dalam penelitian ini signifikan, dalam arti hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali”. “diterima”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:45
Last Modified: 17 Sep 2019 04:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item