PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA TEMALINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI METODE PQ3R (PREVIEW QUESTION READ RECITE REVIEW) TENTANG MENULISKAN SEBUAH PERISTIWA DALAM BACAAN PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR TAHUN AJARAN 2018/2019

Sinta, Anggun Klara (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA TEMALINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI METODE PQ3R (PREVIEW QUESTION READ RECITE REVIEW) TENTANG MENULISKAN SEBUAH PERISTIWA DALAM BACAAN PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.anggun.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Metode PQ3R (Preview Question Read Recite Review)dapat meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada temalingkungan sahabat kita tentang menuliskan sebuah peristiwa dalam bacaan pada siswa kelasV semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun Ajaran 2018/2019. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor yang berjumlah 27 siswa, penelitian menggunakan Metode PQ3R (Preview Question Read Recite Review)pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode PQ3R (Preview Question Read Recite Review) dapat meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik materi menuliskan sebuah peristiwa dalam bacaan pada siswa kelas V Semester II Tahun Ajaran 2018/2019. Serta dapat melampaui target pencapaian klasikal yaitu <85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai diatas KKM yakni 75. Pada aspek kognitif dibuktikan dengan presentase prasiklus sebanyak 7 (25,92%) siswa yang mencapai KKM, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 10 (37,03%) siswayang mencapai KKM. Dan pada siklus II sebanyak 25 (92,59%) siswa yang mencapai KKM. Pada aspek afektif dibuktikan dengan presentase prasiklus 7 (25,92%) siswa yang mencapai KKM, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 19 (70,37%) siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada siklus II sebanyak 24 (88,89%) siswa yang mencapai KKM. Untuk aspek psikomotorik prasiklus terdapat 8 (29,62%) siswa yang mencapai diatas KKM, dan pada siklus I terdapat14 (51,85%) siswa yang mencapai diatas KKM. Dan pada siklus II sebanyak 26 (96,29%) siswa yang mencapai diatas KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 09:14
Last Modified: 20 Sep 2019 09:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item