PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI METODE SCRAMBLE DENGAN MEDIA TIRUAN PADA SISWA KELAS V MI AL MAHMUD KUMPULREJO 01 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mardiani, Dwi Septi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI METODE SCRAMBLE DENGAN MEDIA TIRUAN PADA SISWA KELAS V MI AL MAHMUD KUMPULREJO 01 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
dwi septi mardiani skripsi-dikompresi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mardiani, Dwi Septi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Suhu dan Kalor Melalui Metode Scramble Dengan Media Tiruan Pada Siswa Kelas V MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Scramble, Media Tiruan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi suhu dan kalor melalui metode scramble dengan media tiruan pada siswa kelas V MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga yang berjumlah 32 siswa meliputi 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode scramble dengan media tiruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus kel Siklus I 21,88% dan Siklus I ke Siklus II 31,25%. Hal ini dapat dilihat dari peroleh ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 46,87% siswa tuntas belajar, pada Siklus I 68,75% siswa tuntas belajar dan Siklus II 100% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 11:29
Last Modified: 20 Sep 2019 11:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item View Item