KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN 2019

Jauharoh, Siti (2019) KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jauharoh, Siti. 2019. Kreativitas dan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas I di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : kreativitas, keterampilan, pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bentuk-bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran tematik kelas I di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, (2 ) mengetahui bentuk-bentuk keterampilan guru dalam pembelajaran tematik kelas I di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas dan keterampilan guru dalam pembelajaran tematik kelas I di SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran tematik tercermin dalam: morning activity (MA), merencanakan proses belajar mengajar, membuka pelajaran, ice breaking yang variatif, pengelolaan kelas, penggunaan media. (2) bentuk keterampilan guru dalam pembelajaran tematik tercermin dalam: keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka pelajaran, mengelola kelas. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas dan keterampilan guru yaitu: adanya sarana penunjang dan kemampuan guru memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, adanya kerja sama yang baik antar guru dan semua pihak, pemberian kepercayaan dan kebijakan seluas-luasnya kepada guru untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan, adanya keberagaman kemampuan siswa yang menuntut kreativitas dan keterampilan dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 15:36
Last Modified: 20 Sep 2019 15:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item