PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V MI KAUMAN KIDUL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NURMIZSUARI, RAHMA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V MI KAUMAN KIDUL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Rahma Nurmizsuari (23040150119).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurmizsuari, Rahma. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Media Diorama pada Siswa Kelas V MI Kauman Kidul Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Siklus Air, Media Diorama. Hasil belajar IPA di MI Kauman Kidul Salatiga masih rendah terbukti dengan nilai siswa yang belum mancapai KKM 70. Hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media sehingga siswa sulit memahami materi yang disampaikan. Selain itu siswa juga mengalami kesulitan dalam menghafal kosa kata asing yang ada dimateri. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi siklus air kelas V di MI Kauman Kidul Salatiga tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi siklus air menggunakan media diorama pada siswa kelas V MI Kauman Kidul Salatiga tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaanm pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Kauman Kidul Salatiga yang berjumlah 26 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman observasi, soal tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode demonstrasi dan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Kauman Kidul Salatiga tahun pelajaran 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I 23% atau ada 6 siswa dan siklus I ke siklus II 27% atau ada 7 siswa, hal tersebut dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 42% tuntas belajar, siklus I 65% siswa tuntas belajar, dan siklus II 92% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 20:05
Last Modified: 20 Sep 2019 20:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item