PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELAS II MI MA'ARIF PRANTEN DESA SELOPROJO KEC. NGABLAK KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/20199

Kholipah, Siti Nur (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELAS II MI MA'ARIF PRANTEN DESA SELOPROJO KEC. NGABLAK KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/20199. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SITI NUR KOLIPAH BARU - Copy.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kolipah , Siti Nur. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIS Ma’arif Pranten Seloprojo Kec. Ngablak Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : keterampilan , menulis Deskripsi , Media Kartu Kata bergambar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIS Ma’arif Pranten Seloprojo Kec. Ngablak Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas II MIS Ma’arif Pranten Seloprojo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan cara pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada nilai KKM pada Pra siklus sebelum menggunakan Media kartu kata bergambar yaitu 70, dari 20 siswa 5 siswa (25%) tuntas mencapai KKM dengan nilai rata-rata 63.65, sedangkan 15 siswa (75%) tidak tuntas. Kemudian pada siklus I meningkat, dari 20 siswa meningkat menjadi 9 siswa (45%) yang tuntas dan 11 siswa (55%) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 66.05. Pada siklus II Mengalami peningkatan yang ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan, dari jumlah 20 siswa , diperoleh peningkatan ketuntasan Klasikal 90% yaitu 18 siswa yang tuntas, dah 2 siswa dengan ketuntasan klasikal (10%) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81.35. Maka dari itu peningkatan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebesar 15,3 dengan persentase 45% pada siklus I dan 90% pada siklus II. Hasil ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 90% >85% (KKM Kelas) maka penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Kartu kata bergambar ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 13:14
Last Modified: 23 Sep 2019 13:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item View Item