PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA PERIODE 2013-2018

Hanifah, Indarul (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA PERIODE 2013-2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI 23 SEP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hanifah, Indarul. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting dan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2013-2018. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1-Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Abdul Aziz N P, M.M. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Islamic Social Reporting dan Profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting dan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2013-2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda sebagai analisis data. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia dari tahun 2013 sampai 2018. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah dengan alat bantu aplikasi Eviews 9. Metode analisis yang digunakan adalah uji stasioner, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukan variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas bengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Variabel umur perushaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Umur perusahaan berpegaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Berdasarkan analisis jalur, variabel profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 09:18
Last Modified: 25 Sep 2019 09:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6188

Actions (login required)

View Item View Item