PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN HARAM DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIII B SEMESTER II SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fadhilah, Nayirotul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN HARAM DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIII B SEMESTER II SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fadhilah, Nayirotul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Halal Dan Haram Dengan Model Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas VIII B Semester II SMP Negeri 8 Salatiga Pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Suwardi, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar PAI, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Penelitian ini dilatar belakangi dalam proses pembelajaran PAI kelas VIII B SMP Negeri 8 Salatiga, yaitu keaktifan siswa masih rendah penggunaan model yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran masih monoton sehingga membuat siswa cepat merasa bosan dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah belum mencapai KKM yang ditentukan dari sekolah yaitu 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dapat dilaksanakan dengan penerapan model two stay two stray (dua tinggal dua bertamu). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi mengkonsumsi makanan dan minuman halal dan haram dengan model two stay two stray pada siswa kelas VIII B semester II SMP Negeri 8 Salatiga pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Motode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, model observasi digunakan untuk menilai aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk bukti bahwa penelitian ini memeliki data dari hasil penelitian yang dilakukan. Model penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada pra siklus, siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 75, sebelum menggunakan model two stay two stray hanya 6 siswa yang tuntas dan 21 siswa yang belum tuntas. Setelah menggunkan model two stay two stray pada siklus I diperoleh hasil belajar terdapat 44,44% (12 siswa) yang tuntas dan 55,55% (15 siswa) yang belum tuntas. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu sebesar 88,88% (24 siswa ) tuntas dan 11,11% (3 siswa) belum tuntas, sehingga pada siklus II yang artinya sudah melebihi KKM klasikal yang ditentukan yaitu 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 09:49
Last Modified: 26 Sep 2019 09:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item