PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK RUANG DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN MEDIA LEMBARAN BALIK PADA KELAS IV MI MA’ARIF CANDIREJO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Budiarti, Diana Tin (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK RUANG DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN MEDIA LEMBARAN BALIK PADA KELAS IV MI MA’ARIF CANDIREJO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_RIRIN_Word_compressed-min[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Budiarti, Diana Tin. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Karakteristik Ruang dan Pemanfatan Sumber Daya Alam Untuk Kesejaahteraan Masyarakat Dengan Metode Course Review Horay dan Media Lembaran Balik Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Course Review Horay, Media Lembaran Balik. Pembelajaran IPS umumnya membutuhkan kemampuan siswa untuk penghafal materi saja, sehingga guru sebagai pengajar haruslah lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran agar siswa tidak merasakan bosan. Kebosanan siswa dalam menerima pelajaran hanya melalui penjelasan dari guru yang monoton dan tidak variatif, sehingga iklim kelas pun menjadi tidak kondusif akibatnya hasil belajar IPS rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah metode pembelajaran course review horay dan media lembaran balik dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Karakteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Kesejahteraan Masyarakat pada siswa kelas IV MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupatn Semarang. Dengan jumlah 33 siswa yang terdiri 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrument penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistic menggunakan rumus prsrsntase, apabila ?85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode course review horay dan media lembaran balik dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas IV MI Ma’arif Candirejo. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 50,75 dan siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih dari KBM yang telah ditetapkan 65 sebanyak 9 siswa atau 27,27%. Pada perbaikan pembelajaran siklus 1 nilai rata-rata meningkat menjadi 56,06, siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih dari KBM sebanyak 14 siswa atau 42,42%, sedang pada pada perbaikan pembelajaran siklus II rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 71,36, siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih dari KBM sebanyak 29 siswa atau 87,87%. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode course review horay dan media lembaran balik dapat meningkatkan hasil belajar..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 14:55
Last Modified: 26 Sep 2019 14:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item View Item