PERANAN MEDIA WAYANG KULIT SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN ISLAM DI DUSUN GOMBANG DESA SEGIRI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Jarkasih, Muhammad Efendi (2019) PERANAN MEDIA WAYANG KULIT SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN ISLAM DI DUSUN GOMBANG DESA SEGIRI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PDF SKRIPS ffffffI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jarkasih, Muhamad Efendi. 2019. Peranan Media Wayang Kulit sebagai Sarana Pendidikan Islam di Dusun Gombang Desa Segiri Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2019. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Peranan Wayang Kulit dan Pendidikan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi dari pertunjukkan wayang kulit di dusun Gombang Desa Segiri. Masyarakat hampir mayoritas menyukai pertunjukkan wayang kulit ini. Sehingga menimbulkan tanda tanya apakah wayang kulit sangat penting untuk ditonton dan apa manfaatnya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan media wayang kulit sebagai sarana pendidikan Islam, nilai-nilai pendidikan Islam dalam wayang kulit, dan bagaimana transformasi nilai pendidikan Islam pada masyarakat dusun Gombang Desa Segiri Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang tahun 2019 setelah mononton pertunjukan wayang kulit. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepada beberapa tokoh masyarakat, tokoh budaya dan tokoh agama. Sumber data sekunder meliputi foto-foto kegiatan saat pertunjukan wayang kulit. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: pertama, peranan media wayang kulit sebagai sarana pendidikan Islam pada masyarakat Dusun Gombang adalah memberikan ajaran moral dan budi pekerti, memberikan contoh prilaku yang baik dan buruk serta akibatnya, mengajarkan penghormatan pada dirinya sendiri, sesama makhluk hidup serta lingkungannya, dan menjadikan cerita wayang kulit sebagai pedoman hidup. Kedua, nilai pendidikan Islam yang dapat diambil di antaranya: Punakawan Semar mengajak beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, menyempurnakan rukun Islam dan rukun iman, anjuran berbuat baik kepada orang tua, kerabat, membantu anak yatim, jangan sombong, menumbuhkan rasa persaudaraan, saling menghargai, bertoleransi, taat pada pemimpin, patuh kepada guru, berakhlak mulia, dan menjaga hawa nafsu. Ketiga, transformasi nilai pendidikan Islam pada masyarakat yaitu bertambahnya pemahaman masyarakat mengenai ilmu agama, ilmu sosial, meningkatnya kualitas serta kuantitas ibadah maghdah dan ghairu maghdah, memperbanyak sedekah, beramal shalih, bekerja dengan ikhlas, rukun, dan tolong menolong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 15:02
Last Modified: 26 Sep 2019 15:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6327

Actions (login required)

View Item View Item