PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI JENIS PEKERJAAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT MAPPING PADA SISWA KELAS III SEMESTER 2 SD NEGERI LEDOK 06 KOTA SALATIGA TAHUN 2018/2019

Sibowo, Fery Solech (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI JENIS PEKERJAAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT MAPPING PADA SISWA KELAS III SEMESTER 2 SD NEGERI LEDOK 06 KOTA SALATIGA TAHUN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Fery Solech Wibowo.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wibowo, Fery Solech 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Materi Jenis Pekerjaan Menggunakan Metode Concept Mapping Pada Siswa Kelas III Semester 2 SD Negeri Ledok 06 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Urifatun Anis M.Pd.I Kata Kunci : Hasil belajar, IPS; Metode Concept Mapping Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Ledok 06 Kota Salatiga yang terdiri dari 25 siswa yaitu 15 laki-laki dan 10 perempuan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, refleksi. Analisis data dilakukan denganmembandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 (sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh SD Negeri Ledok 06 Salatiga) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal Berdasarkan hasil penelitian maka metode Concept Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS bagi siswa kelas tiga SD Negeri Ledok 06 tahun pelajaran 2018/2019. Tercapainya target pencapaian KKM (kelas) pada pra siklus KKM individu sebanyak 13 siswa (36%). terjadi peningkatan pada siklus I KKM individu sebanyak 17 siswa (68%). Peningkatan terjadi pada siklus II KKM individu sebanyak 22 siswa (88%) dan Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 15:19
Last Modified: 26 Sep 2019 15:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6330

Actions (login required)

View Item View Item